BLOG  

MAN 2 Aceh Tamiang Lolos Terbanyak Se-Kabupaten Masuk Perguruan Tinggi Jalur Prestasi (SNBP dan SPAN PTKIN)

ACEH  TAMIANG – METRO GEMA NEWS

Siswa-siswi MAN 2 Aceh Tamiang meraih kelulusan dengan persentase terbanyak se-kabupaten Aceh Tamiang pada seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur prestasi yaitu pada SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) dan SPAN PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) tahun 2024.

Sebanyak 66% siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Aceh Tamiang dinyatakan lulus SNBP di beberapa Perguruan Tinggi di Aceh dan luar Aceh. Persentase kelulusan ini merupakan yang terbanyak dari tahun sebelumnya. Dari total 50 siswa Eliglible (yang memenuhi syarat) terdaftar, 33 siswa dinyatakan lulus SNBP.

Kepala Madrasah MAN 2 Aceh Tamiang, Dra Azminizar mengatakan bahwa siswa-siwa tersebut diterima di delapan Perguruan Tinggi yaitu: Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Islam Negeri (UIN) Arraniry, Universitas Malikul Saleh, dan Universitas Samudera (Unsam) Langsa.

Pada pengumuman SPAN PTKAIN  yang telah dirilis sejak Rabu (2/4), sebanyak 36 siswa-siswi MAN 2 Aceh Tamiang – dari 40 siswa yang mendaftar – juga dinyatakan lulus di beberapa  Perguruan Tinggi Agama Islam. Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, UIN Sumatera Utara, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, IAIN Lhokseumawe, dan IAIN Langsa. Secara persentase artinya 90% siswa MAN 2 Aceh Tamiang lulus SPAN PTKIN.

“Keberhasilan ini tidak hanya membanggakan sekolah, tetapi juga menunjukkan dedikasi dan kerja keras para siswa serta dukungan yang luar biasa dari guru dan orang tua mereka. Melalui prestasi ini, mereka membuktikan bahwa mimpi-mimpi dapat diwujudkan melalui usaha yang gigih dan ketekunan. Langkah ke perguruan tinggi menjadi langkah awal menuju masa depan yang cerah bagi para siswa tersebut,” ucap Ibu Azminizar, Selasa (3/4/2024).

Maulana Habib, seorang siswa yang berhasil meraih kelulusan pada jalur SNBP dan juga SPAN PTKIN pada Jurusan Ilmu Politik, mengungkapkan perasaannya yang sangat bahagia dan bersyukur atas pencapaian ini. “Ini bukan hanya kebanggaan bagi saya pribadi karena saya telah lulus di jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat saya, tapi juga untuk sekolah dan orang tua saya. Saya berharap prestasi ini bisa menjadi inspirasi bagi adik-adik kami yang masih duduk di Kelas 10 dan 11 untuk terus semangat dan jangan pernah takut untuk bermimpi, karena kita semua punya Allah yang lebih tinggi dari mimpi-mimpi kita semuanya,” tuturnya dengan penuh semangat.

Ditambahkannya, prestasi ini tentu menjadi motivasi bagi seluruh siswa MAN 2 Aceh Tamiang yang lulus untuk terus berprestasi dan mengejar impian mereka. Bagi para siswa dan siswi yang belum berhasil melalui seleksi SNBP dan SPAN PTKIN, semoga tidak berkecil hati. Masih ada jalur-jalur alternatif yang untuk melanjutkan pendidikan, seperti Seleksi SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes),  jalur Mandiri, Kedinasan, Tes TNI-POLRI maupun jalur lain sesuai bakat dan minat masing-masing.

Koresponden: Maulana Habib – Siswa  MAN 2 ACEH TAMIANG

Editor: (FAHKRUL RAZI/Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *